Jumat, Oktober 02, 2009

PTC SCAM DAN TIDAK SCAM

Sebelum anda mulai menjalankan bisnis PTC, ada baiknya bila anda membaca tips and tricks berikut ini.

PTC sebenarnya termasuk dalam Make Money Online, program yang selain sangat mudah dilakukan juga memiliki resiko yang sangat kecil. Untuk mendaftar sebagai member tidaklah terlalu sulit, anda cukup melakukan proses registrasi dengan memasukkan sebagian data diri anda. PTC itu sendiri tidak dikenakan biaya dan anda bisa langsung memulai menjalankan programnya dengan bayaran dollar. Hanya mengklik iklan, tunggu hingga 30 detik, dibayar dollar. Sangat simple, mudah dan tanpa investasi dalam bentuk uang. Tapi bila anda tidak hati-hati dan bijaksana, anda bisa kehilangan banyak sekali uang.
Hal ini sangat mungkin terjadi karena di luar sana jauh lebih banyak PTC scam atau menipu, dari pada PTC yang jujur, yang benar-benar membayar kita.


PTC Scam.

1. Cek melalui mesin pencari.

Cara yang paling mudah adalah mengetikkan nama PTC di kotak pencari Google/Yahoo dan tambahkan kata scam. Misal anda ingin tahu apakah neobux scam atau tidak, ketik saja neobux scam atau neobux+scam, Coba amati hasil pencariannya, apakah banyak hasil pencarian yang menunjukkan bahwa PTC ini scam? Jika ternyata banyak hasil yang relevan dengan info yang anda cari, kemungkinan besar PTC tersebut scam. Tapi cara ini tidak 100% akurat. Bisa saja info tentang scam tersebut dibuat oleh PTC pesaing. Kemungkinan lain info dibuat oleh member yang kurang berhasil dalam program PTC lalu asal saja menyebut PTC yang diikutinya scam. Padahal mereka yang keseringan main jackpot dan kalah terus atau mungkin melanggar TOS dan tidak terima dengan sanksi yang diberikan.

Cara ini juga tidak bisa dipakai untuk mendeteksi program PTC yang baru saja diluncurkan karena belum ada info yang cukup dan yang pasti belum ada korban.
Meskipun begitu, hasil penyelidikan dengan cara ini nantinya bisa dijadikan faktor pendukung yang kuat bagi faktor-faktor yang lain.

2. Self Sponsor Ads

Amati iklan-iklan yang ditampilkan. 80 hingga 90% iklan yang ditampilkan oleh PTC scam adalah self sponsor ads. Artinya, PTC scam kebanyakan menampilkan iklan-iklan produknya sendiri, tidak ada sponsor yang pasang iklan di PTC tersebut, jadi mereka pasang iklan produk mereka sendiri. Jika begini, PTC tersebut dapat uang dari mana ya? Pertanyaan bagus. Tentu saja mereka akan mengambil uang member 100% dan bisa dipastikan tidak ada pemasukan dari sponsor untuk dibayarkan ke membernya.

Ada 2 macam self sponsor ads, yang pertama adalah iklan tentang situs PTC itu sendiri dan yang kedua adalah iklan situs PTC yang lain atau produk apapun juga tapi menggunakan referral link atau affiliate link pemilik PTC tersebut. Jika cuma 2 jenis iklan ini yang ditampilkan, maka anda lebih baik berhenti karena anda Cuma membuang-buang waktu anda.

Situs yang kebanyakan menampilkan iklannya sendiri sudah pasti tidak akan bertahan lama apalagi jika situs itu menghargai per klik hingga $0.01 dan $0.005 untuk referral klik. Contohnya adalah buxout.com, yang hanya menampilkan 4 buah self sponsor ads tiap hari dan tutup setelah 6 bulan.

Bagaimana cara mengetahui bahwa iklan yang dipasang adalah self sponsor ads?

Jika anda melihat 4 hingga 5 iklan dengan referral link yang sama (dan jumlah total klik yang besar), semua iklan ini adalah self sponsor ads. Anda juga bisa mengecek source code dari halaman iklan tersebut. Caranya tekan ctrl+u (hanya untuk pengguna Mozilla Firefox). Scroll halaman ke bawah dan anda akan mendapatkan referral link iklan yang sebenarnya. Jika dari semua referral link dari masing-masing iklan sama semua, bisa dipastikan iklan tersebut adalah self sponsor ads.

3. Biaya Pendaftaran.

Pendaftaran haruslah gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun. Jika baru mau mendaftar jadi member saja sudah ditarik biaya, tinggalkan saja. Kemungkinan besar PTC itu PTC scam.

4. Syarat Pembayaran

Tidak ada syarat untuk menerima pembayaran. Jika sebuah situs PTC meminta para membernya untuk upgrade terlebih dahulu atau membeli referral dulu atau menginvestasikan sejumlah uang agar bisa menerima pembayaran maka kemungkinan besar PTC tersebut adalah scam. Contohnya adalah Crewbux. Di Crewbux, seorang member harus menginvestasikan minimal 50% dari jumlah uang yang akan dibayarkan oleh crewbux.com kepadanya agar bisa menerima pembayaran. Bila tidak, maka tidak akan ada pembayaran dan akun keanggotaan bisa dihapus. Ini sudah pasti scam dan memang sudah terbukti bahwa crewbux.com adalah scam. Contoh lain lagi adalah Isabelmarco.
Di Isabelmarco, hanya premium member saja yang bisa menerima pembayaran. Jika anda bergabung sebagai member standar yang gratis, berapa kalipun anda mengklik, anda tidak akan pernah dibayar.

5. Cost per Click

Nilai per klik maksimal adalah $0.01 dan untuk nilai klik dari referral adalah $0.005. Inipun hanya bisa diberikan untuk member premium. Jika situs PTC memberikan lebih dari ini untuk member yang standar (gratis), situs itu tidak akan bisa bertahan dan bisa dipastikan akan segera tutup. Ada beberapa PTC yang bisa menghargai klik sangat tinggi hingga $0.1 per klik dan $0.1 untuk klik referral. Saya tidak tahu bagaimana dengan anda, tapi saya tidak akan mau berinvestasi di situs PTC seperti ini, kecuali situs ini sudah berjalan lebih dari 1 tahun.

Untuk dapat bertahan lama, nilai yang ideal untuk harga klik adalah $0.0025 per klik dan maksimal 50% untuk referral klik. Lebih dari itu situs PTC itu dikuatirkan tidak akan langgeng.

Situs PTC yang mampu memberikan nilai per klik $0.1 atau bahkan $1 memang sangat menggiurkan. Tapi kemungkinan besar mereka adalah PTC scam. Jika anda tidak percaya, cari proram PTC yang seperti ini, bergabunglah, lakukan klik tetapi jangan pernah berinvestasi, tunggu berapa bulan dan situs ini akan menghilang dari dunia maya.

Tapi bagaimana cara kita mengetahui sebuah situs PTC bisa bertahan lama atau tidak?

Nilai per klik + Nilai klik dari referral = Expense

Pendapatan dari sponsor / pemasang iklan = Income

Income - Expense = Profit

Contoh 1:
theclickers.net
adalah situs PTC yang bisa bertahan lama.
Situs ini rata-rata membayar $0,0025 per klik dan $0,001 untuk tiap klik dari referral.
Total uang yang dibayarkan untuk member $0,0025 + $0,001 = $0,0035 atau $3,5/1000 klik.

Tarif iklan untuk sponsor $0,005/klik atau $5/1000 klik.

Profit = $1,5/1000 klik.

Situs ini mendapatkan profit dan akan terus bertahan.

Contoh 2: bux.to adalah situs PTC yang tidak bisa bertahan lama.
Situs ini rata-rata membayar member standar $0,01 per klik dan $0,01 untuk tiap referral klik.
Total uang yang dibayarkan untuk member $0,01 + $0,01 = $0,02 atau $20/1000 klik.

Tarif iklan untuk sponsor $0,0191/klik atau $19,1/1000 klik.

Profit = -$0,9/1000 klik.

Tiap 1000 klik bux.to malah rugi $0,9. Saya tidak yakin situs ini bisa bertahan lama.

Perhitungan atau rumus pendapatan sebuah situs PTC tentu saja lebih rumit dari contoh di atas. Tapi intinya adalah apabila sebuah situs PTC lebih banyak membayar dari pada menerima, berapapun banyaknya sponsor yang memasang iklan di situs tersebut, tetap saja situs itu merugi. Semakin banyak pengiklan bukannya semakin untung justru semakin rugi. Secara bisnis, ini jelas tidak bisa diterima. Memang situs tersebut bisa memperoleh pendapatan dari transaksi lain seperti upgrade membership, menjual / menyewakan referral ataupun dari jackpot. Tapi ini tidaklah cukup. Bagaimana jika membernya tidak ada yang upgrade, tidak ada yang beli / sewa referral dan tidak ada yang berani ikut jackpot?

6. Bot Selling

PTC scam biasanya menjual bot referral. Apakah bot refferal? Bot referral adalah referral dalam bentuk robot. Robot ini juga ada umurnya. Robot ini akan mengklik iklan untuk anda tapi tidak untuk selamanya. Akibatnya investasi anda membeli referral bot ini tidak akan pernah balik.

Situs yang menjual referral bot juga sudah di blacklist oleh sponsor atau para pengiklan karena pada dasarnya pengiklan mencari manusia tulen bukannya robot.
Tanpa pengiklan, situs yang menjual bot referral tidak ada pemasukan dan bisa dipastikan cepat atau lambat akan tutup.

Beberapa pengelola situs PTC atau sering disebut admin mengaku bahwa hanya ada 10% hingga 20% anggota PTC yang bergabung langsung tanpa melalui referral link. Mereka ini disebut unreferred member. Jadi bagaimana mungkin sebuah PTC bisa menjual unreferred member hingga ribuan orang setiap hari? Jawabannya, referral bot.

Masalahnya sangat sulit mengetahui sebuah PTC menjual bot referral atau tidak, kecuali PTC itu sendiri secara terang-terangan mengaku menjual bot referral.
Atau, jika anda memiliki teman yang punya ilmu hack yang tinggi, mungkin bisa membantu anda untuk menemukan jawabannya. Kalau saya punya cara sendiri, cari keterangan di search engine atau di forum. Tinggal ketik 'bot' di kotak pencari search engine atau forum dan lihat hasilnya.

7. Penundaan Pembayaran

Situs PTC yang sering terlambat melakukan pembayaran (tidak sesuai dengan TOS) kemungkinan besar adalah PTC scam. Mengapa terlambat? Sudah pasti PTC tersebut tidak memiliki dana yang cukup. Keterlambatan ini juga bukan cuma 1 minggu atau 2 minggu, tapi hingga 60 hari kerja. Hal ini berarti ada yang tidak beres dengan sistemnya dan bukan tidak mungkin situs ini menggunakan skema Ponzi. Jika sering terlambat melakukan pembayaran, anggotanya pun akan enggan melakukan klik apalagi berinvestasi. Lama-lama situs inipun akan tutup.

8. Whois Search

Selidiki whois search. Whois search adalah pencarian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang nama pemilik domain di internet, kapan domain tersebut dimulai dan kapan domain tesebut berakhir. Caranya gampang saja. Kunjungi
www.whois.domaintools.com,
kemudian masukkan alamat situs pencari di kotak pencari situs. Pertama, lihat berapa lama waktu sewa hosting dan domainnya. Jika cuma setahun, lebih baik hati-hati saja. Boleh join tapi jangan berinvestasi karena kita belum tahu kinerja situs PTC tersebut bagaimana. Terus coba pikirkan sejenak. Bisnis PTC adalah bisnis online yang besar. Jika pemilik situs PTC memang serius berniat membangun situs PTC yang memiliki visi jangka panjang yang jauh ke depan, mereka tidak akan berlangganan hanya 1 tahun, bukan?

Contoh kita ingin menelidi salah satu situs PTC favorite saya,
Wordlinx.
Saya tinggal buka browser
www.whois.domaintools.com,

Nah, di bagian registry data kamu akan melihat kapan domain dimulai dan berakhir. Untuk
Wordlinx
domain dimulai tanggal 6 November 2003 dan berakhir 6 November 2009. Berarti situs tersebut sejak awal sudah memiliki visi yang panjang dalam membangun situs PTC nya. Dan memang terbukti sejak domain berdiri hingga sekarang sudah bertahan hampir 6 tahun. Berarti
Wordlinx
memiliki sistem yang sustainable atau mampu bertahan dan terus melakukan pembayaran dengan lancar. Oleh karena itu,
Wordlinx
ini menjadi salah satu situs PTC favorit saya.

Yang kedua, apabila pada saat kamu mendapatkan hasil whois search, ada banyak info yang dirahasiakan, misal jangka waktu domain berjalan dan nama admin atau pemilik domain tidak ada, wah... itu bukan pertanda baik. Kenapa harus dirahasiakan? Apakah pemilik domain memiliki maksud-maksud yang tidak baik? Patut dicurigai. Ambil contoh bux.to, yang sekarang sudah dicap scam oleh banyak pihak, baik oleh member, oleh pengiklan bahkan oleh sesama rekan-rekan situs PTC dan forum-forum PTC, karena banyak melakukan kesalahan gagal bayar. Anda bisa coba mengecek whois search situs bux.to dan lihat saja hasilnya.

9. Forum

Berpikirlah minimal 2 kali sebelum bergabung dengan situs PTC yang tidak ada forumnya dan berpikirlah 1000 kali sebelum berinvestasi di situs tersebut.
Forum adalah citra diri sebuah PTC. Di forum kita bisa mengetahui keadaan situs PTC yang sebenarnya dari pernyataan-pernyataan member. Kita juga bisa melihat apakah adminnya memberikan perhatian penuh kepada para membernya. Salah satu situs PTC yang forumnya paling dinamis dan benar-benar diperhatikan oleh adminnya adalah
Neobux.

Jadi apabila sebuah situs PTC tidak memiliki forum, apa maksudnya nih? Bagaimana member bisa berkomunikasi dengan adminnya? Bagaimana member bisa mengungkapkan aspirasinya, pujian-pujian atau keluhan-keluhannya? Situs PTC yang tidak ada forumnya seperti situs yang mati dan mending jangan berinvestasi di sini.

Jangan juga bergabung dengan situs PTC yang memakai domain dan hosting gratisan. Ini lebih parah lagi. Sinyal-sinyal scamnya lebih kuat. Sepertinya Cuma main-main aja. Domain dan hosting setahun paling cuma $25-$75 setahun. Kalo membayar domain dan hosting segini saja nggak bisa, bagaimana nanti mau membayar
membernya? Contoh free domain: co.cc, .tk, co.nr etc. Contoh free hosting misalnya www.namadomain.freehost.com.

10. Disain yang Unik

Situs PTC yang serius pasti memiliki disain yang unik. Paling tidak dia berani mengalokasikan sejumlah dana untuk disainer dan programer untuk membuat disain yang unik. Ada beberapa situs PTC yang disainnya mirip satu dengan yang lain, bahkan untuk icon-iconnya sama persis.
Selain unik, disain juga harus menarik dan terlihat profesional. Kalo unik tapi disainnya nggak beraturan dan acak-acakan juga kayanya sama saja, situs PTC tersebut nggak serius. Jangan buru-buru berinvestasi di sini. Ada kemungkinan situs PTC ini scam.

11. Payout yang Tinggi

Payout yang tinggi mengindikasikan bahwa situs itu memiliki perputaran kas yang lambat. Ingat situs PTC menerima semua pemasukan dari member dan sponsor tunai. Ketika kamu upgrade membership atau membeli referral atau ketika kamu akan beriklan, situs PTC selalu meminta uang di depan. Lalu kenapa untuk membayar membernya harus menunggu payout minimal yang sangat tinggi? Jangan berinvestasi di situs PTC yang payoutnya terlalu tinggi.

Payout yang tinggi juga menunjukkan kecenderungan situs PTC memanfaatkan tingkat kejenuhan member yang rendah. Jarang sekali member yang benar-benar memiliki niat yang tinggi untuk terus melakukan klik secara kontinyu selama 6 bulan demi mengejar minimal payout. Kebanyakan sudah menyerah di tengah jalan. Jika ini yang terjadi, situs PTC lah yang diuntungkan karena sudah mendapat keuntungan dari klik yang sudah terjadi tapi tidak perlu melakukan pembayaran karena member belum mencapai minimal payout.

Nah, sekarang apa ciri-ciri PTC yang tidak scam. Saya rasa, saya tidak perlu penjang lebar di sini. Kebalikan dari PTC scam, berikut ini ciri-ciri dari PTC yang tidak scam.

PTC Yang Tidak Menipu Alias Membayar Kita

1. Iklan-iklan yang ditampilkan oleh PTC yang tidak scam adalah iklan-iklan dari sponsor luar dan tidak ada self sponsor ads.

2. Tidak dipungut biaya saat melakukan pendaftaran.

3. Tidak memerlukan syarat bagi member untuk dapat menerima pembayaran.

4. Situs PTC yang tidak scam melakukan pembayaran yang cepat dengan minimal payout yang tidak terlalu tinggi. Pembayaran yang cepat menandakan bahwa situs PTC tersebut selalu memiliki pemasukan yang cukup dari para sponsor yang siap dibayarkan ke membernya dan tidak perlu menunggu dana yang masuk dari investor
atau membernya.

5. Tidak menjual bot referral

6. Memiliki disain yang unik

7. Jangka waktu hosting dan domain lebih dari 2 tahun.

8. Memiliki forum dan admin yang memperhatikan membernya. Admin yang mampu merespon aspirasi, pujian, keluhan dan pertanyaan-pertanyaan membernya dengan baik. Di forum kamu juga bisa mengecek bukti-bukti pembayaran yang sudah dilakukan oleh situs PTC tersebut. Bukti-bukti ini biasanya dipost oleh para member sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa terima kasih kepada situs PTC dan adminnya. Cek tanggal-tanggal bukti pembayaran tersebut. PTC yang tidak scam memiliki bukti-bukti pembayaran dengan tanggal-tanggal terkini.

9. Memiliki harga klik yang sustainable, dalam artian tidak terlalu tinggi. Untuk member standar harga ideal per klik adalah $0.0025 dan hanya mendapatkan maksimal 50% dari klik referral.

Ciri-ciri di atas tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Masing-masing faktor saling mendukung. Misal suatu PTC memiliki disain yang unik bukan berarti PTC tersebut PTC malaikat. Kita juga harus melihat faktor-faktor yang lain, apakah faktor-faktor lain tersebut mendukung PTC tersebut sebagai PTC malaikat.

Sebenarnya masih ada beberapa faktor-faktor yang lain. Namun yang saya paparkan di atas sudah bisa membantu kita untuk menilai sebuah PTC scam atau bukan.

Semoga bermanfaat.

Dikutip dari

KELAS PTC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

HIT COUNTER

FLAG COUNTER

free counters